Home Uncategorized 107 Ribu Sapi ternak di Lombok Timur Telah di Vaksin

107 Ribu Sapi ternak di Lombok Timur Telah di Vaksin

2 min read
0
0
0

Klikdot.com, Lotim-Sebanyak 107 ribu sapi ternak di Lombok Timur sudah mendapat vaksinasi pertama. Sementara untuk vaksinasi kedua tercatat sebanyak 98 ekor, sehingga tototal sapi ternak yang telah divaksin baik vaksin satu maupun vaksin kedua sebanyak 80 persen.

Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Disnakeswan Lombok Timur Hultatang menyampaikan sebanyak 98 ribu ternak yang telah divaksin kedua ini selanjutnya akan diberikan vaksin booster. Mengingat syarat untuk mendapatkan vaksin ketiga harus menunggu sampai 6 bulan.

“Syarat untuk mendapatkan vaksin pertama dan kedua jaraknya satu bulan kemudian vaksin booster jaraknya 6 bulan,” terang Hultatang, Jumat (6/1).

Jumlah populasi ternak baru yang berpotensi untuk mendapatkan vaksin pertama pada tahun ini sebanyak 19 ribu. Sementara pemberian vaksin boster kepada sapi ternak diakuinya belum bisa dilakukan, mengingat saat ini pihaknya masih menunggu hewan ternak yang sudah mencukupi enam bulan sejak di vaksin dosis kedua.

Selain itu, pihaknya juga tengah menunggu kebijakan dari pemerintah pusat terkait pemberian vaksin dan penaganan sapi ternak pasca melandainya kasus PMK di Lombok Timur. “Kali vaksin sudah tersedi tapi kami masih menunggu, sebab ini juga masih tahun baru apakah ada perubahan-perubahan kegiatan dan vaksin di tahun 2023 ini,” ungkapnya.

Pada tahun 2022 lalu, jumlah populasi sapi ternak di Lombok Timur mengalami penurunan, hal itu dikarenakan banyaknya sapi ternak yang di potong untuk kebutuhan daging dan dipotong paksa karena terkena PMK.

“Diprediksi jumlah populasi ternak pada pada awal tahun ini sebanyak 130 ribu ekor,” Pungkasnya.

Load More Related Articles
Load More By Editor Klikdotcom
Load More In Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pegiat STQ Lotim Sayangkan Pengunduran Diri Salah Seorang Pengurus LPTQ Dari Jabatannya

Klikdot.com, Lotim-Pegiat Tilawatil Qur’an menyayangkan pengunduran diri koordinator…